Sejarah Bola : Gelar Pertama Arsene Wenger Untuk Arsenal

0
95 views
Gelar Pertama Arsene Wenger Untuk Arsenal

22 tahun lalu nama Arsene Wenger mulai dikenal masyarakat pecinta olahraga bola di dunia karena berhasil memberikan gelar juara buat yang pertama kali untuk klub meriam london Arsenal .

Pada saat menyebut Arsenal, sebagian besar dari Kamu pasti hendak langsung terbayang wajah Arsene Wenger, yang tidak lain ialah manajer dari klub Arsenal tersebut. Ya, sosoknya begitu melegenda di Regu Meriam London.

Dia bagaikan Brian Clough kala menyebut Nottingham Forrest, Francesco Totti kala menyebut AS Roma, Raul Gonzalez kala menyebut Real Madrid serta pastinya Sir Alex Ferguson tatkala menyeletuk Manchester United.

Tetapi buat menggapai titik itu, Wenger wajib lewat proses yang panjang serta terjal, semenjak Arsenal menunjuknya bagaikan manajer pada 1996. Dia sukses mengangkut kembali derajat The Gunners dari yang sebelumnya senantiasa terpuruk di papan tengah, jadi regu yang tidak berubah- ubah terletak di papan atas klasemen. Dia pula mempersembahkan deretan gelar bagaikan penegas kalau Arsenal merupakan salah satu klub terbaik Inggris.

Tidak heran bila Wenger sanggup bertahan 22 tahun di Arsenal serta sukses membangun dinasti kepemimpinannya. Serta bagaikan indikator dari cerita suksesnya, gelar Liga Primer Inggris di masa 1997/ 98 bisa jadi dapat dijadikan titik mula.

Sejatinya Wenger diragukan dapat membawakan Arsenal ke tangga juara di masa 1997/ 98. Masa Marc Overmars dkk. dimulai dengan kegagalan memalukan di babak awal Piala UEFA. Secara mengejutkan mereka kalah dari wakil Liga Luar biasa Yunani, PAOK Salonika, dalam 2 pertemuan kandang- tandang.

Tetapi kegagalan tersebut membuat Arsenal jadi lebih fokus dalam mengarungi kompetisi dalam negeri. Perihal itu teruji dengan bercokolnya mereka di puncak klasemen, sehabis lewat 12 matchday perdana melalui torehan identik, dengan 6 kemenangan serta 6 hasil seri.

Asa hendak raihan gelar EPL awal pernah menghindar dari Arsenal. Mereka terjun ke peringkat 5 pada matchday 18, sehabis kalah 3 kali dari 6 partai tadinya. Untungnya Wenger sukses membangkitkan moral regu asuhannya sampai sukses menunjukkan puncak performa.

Pasca kalah dari Blackburn Rovers di kandang sendiri pada matchday 18 tersebut, secara luar biasa Regu Gudang Peluru melewati 17 laga beruntun tanpa sempat kalah. Mereka apalagi mampu menorehkan 8 kemenangan beruntun, tercantum melawan si rival sengit Manchester United, sampai kesimpulannya datang di hari penentuan pada 3 Mei 1998.

Kala itu, EPL merambah matchday ke- 36 alias tinggal terdapat 3 pertandingan sisa di masa tersebut. Arsenal terletak di puncak klasemen serta di ambang juara, unggul 7 poin atas United di posisi kedua. Everton jadi tamu di Highbury serta bila sukses menang, Arsenal bakal merengkuh gelar EPL perdana, sekalian torehan ke- 11 di Liga Inggris.

Luar biasa! Emmanuel Petit cs tampak amat menawan serta menampilkan kalau Arsenal layak jadi juara. Di babak awal, mereka telah unggul 2- 0, lewat berhasil Slaven Bilic serta Marc Overmars. Melalui game atraktif serta melanda, mereka setelah itu menaikkan pundi- pundi berhasil di babak kedua melalui berhasil kedua Overmars serta berhasil telat si kapten, Tony Adams.

Laga berakhir 4- 0 buat kemenangan Arsenal. Mereka juga ditentukan jadi kampiun EPL buat kali awal, sekalian jadi torehan perdana Wenger bagaikan manajer di klub kebanggan London Utara tersebut. Tidak behenti hingga di sana, 13 hari berselang Si Profesor pula sukses membawakan Arsenal merengkuh double winners, melalui gelar Piala FA.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments